Powered By Blogger

Olahraga tanpa sarapan bikin tubuh kurus lebih cepat

Jika Anda memiliki jadwal olahraga setiap pagi, sebaiknya lakukan sebelum menikmati sarapan. Sebab penelitian dari Inggris menyebutkan bahwa olahraga tanpa sarapan ampuh menurunkan berat badan lebih banyak.
Seperti yang dilansir dari Daily Mail (29/10), selain lebih cepat membuat tubuh kurus, olahraga sebelum sarapan juga menurunkan risiko penumpukan lemak pada pembuluh darah.
Meskipun manfaat berolahraga sudah banyak yang tahu, orang-orang masih sering bingung apakah harus melakukannya dalam kondisi perut kosong atau penuh.

"Olahraga itu memang baik, tetapi mungkin lebih baik jika dilakukan sebelum sarapan. Sebab tubuh akan bergantung pada produksi energi dari lemak yang tersimpan," terang Dr Jason Gill dari Glasgow University.
Di dalam penelitian, sepuluh pria diminta menikmati sarapan pada hari pertama percobaan. Namun mereka tidak berolahraga. Hari kedua, para pria berolahraga sebelum sarapan. Kemudian terakhir, mereka sarapan terlebih dahulu baru berolahraga.
Secara detail, olahraga tersebut sebenarnya hanya sebuah jalan-jalan ringan. Namun hasilnya membuktikan bahwa pada hari kedua, para pria terbukti lebih banyak membakar kalori sebanyak 33 persen.
"Jadi jangan khawatir berolahraga dalam kondisi perut kosong. Setidaknya tubuh akan mampu memberi energi cukup selama satu setengah sampai dua jam aktivitas fisik," tutur Dr Gill.
Meskipun demikian, Dr Gill tetap mengingatkan bahwa proses penurunan berat badan tidak bisa berlangsung instan. Jadi Anda mungkin tetap harus rutin berolahraga sebelum sarapan jika ingin mendapatkan berat badan ideal.


Sumber:  http://www.merdeka.com/sehat/olahraga-tanpa-sarapan-bikin-tubuh-kurus-lebih-cepat.html. Diakses tanggal 1 November 2012 pukul 22.51 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar