Powered By Blogger

Berada di dekat orang yang dibenci bikin kualitas otak menurun?

Menyebalkan rasanya berada di sekitar seseorang yang dibenci. Namun ada kabar yang lebih buruk dari perasaan sebal itu. Peneliti tepatnya menyatakan kalau bergaul dengan orang yang menurut Anda menyebalkan bisa mempengaruhi kondisi otak.
Seperti yang dilansir dari Daily Mail (10/10), entah Anda suka atau tidak pada seseorang, perasaan itu ternyata juga mempengaruhi otak. Hal itu disampaikan oleh para ahli dari University of Southern California.

Selama ini, memperhatikan kelakuan orang lain menimbulkan efek 'pencerminan' pada otak. Lebih jelasnya, bagian dalam otak yang bertanggung jawab pada gerakan tubuh diaktifkan ketika melihat orang lain bergerak.
Namun berada di sekitar orang yang Anda benci membuat proses pencerminan itu sedikit tidak akurat. Misalnya, Anda akan berpikir orang itu bergerak lebih lambat daripada apa yang sebenarnya dilakukan.
Berbagai penelitian sebelumnya juga telah menyebutkan kalau kesamaan fisik berpengaruh pada proses pada otak. Selain itu, manusia juga cenderung berempati pada orang lain yang mirip dengan mereka.
Sementara itu, penelitian ini melibatkan pria Yahudi yang dibagi menjadi dua kelompok. Pertama, pria yang diperkenalkan sebagai golongan Nazi baru agar membuat mereka tidak disukai. Kemudian yang lain adalah pria biasa yang mudah disukai karena pikirannya yang terbuka.
Ketika pria memperhatikan kelompok yang tidak disukai, bagian dalam otak mereka yang mengaktifkan sistem 'pencerminan' memiliki pola berbeda atas aktivitas yang dilakukan. Namun perbedaan tersebut hanya muncul saat orang yang menyebalkan ada di depan mereka.
"Bahkan hal mendasar tentang bagaimana kita memproses rangsangan visual dari pergerakan ternyata dipengaruhi oleh faktor sosial. Misalnya hubungan pribadi kita dengan posisi kita sebagai anggota kelompok sosial," tutur Mona Sobhani, kepala penulis penelitian.
"Penelitian ini menunjukkan hal penting bahwa faktor sosial sangat mempengaruhi proses persepsi kita," tandasnya.


Sumber:http://www.merdeka.com/sehat/berada-di-dekat-orang-yang-dibenci-bikin-kualitas-otak-menurun.html. Diakses tanggal 1 november 2012 pukul 07.35 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar