Powered By Blogger

Remaja gemuk rentan kena penyakit ginjal

Memiliki kelebihan berat badan ketika usia remaja bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal, ungkap penelitian di Israel.
Penelitian ini menemukan bahwa remaja yang mengalami kelebihan berat badan ketika berusia 17 tahun memiliki risiko tiga kali lipat terkena penyakit ginjal, yaitu end-stage renal disease (ESRD) dalam waktu 25 tahun ke depan jika dibandingkan dengan remaja dengan berat badan ideal. ESRD adalah penyakit ginjal parah yang hanya bisa disembuhkan dengan transplantasi ginjal.

Sementara itu, anak yang mengalami obesitas saat remaja memiliki risiko lebih besar lagi, yaitu tujuh kali lipat. Hasil ini didapatkan melalui penelitian selama 25 tahun pada lebih dari satu juta orang. Ketua penelitian, Dr Asaf VIvante dari Israeli Defence Forces Medical Corps menggunakan data 1,2 juta orang dewasa yang dikumpulkan antara tahun 1967 dan 1997.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 874 partisipan mengalami ESRD dalam jangka waktu 25 tahun ke depan. Ini berarti terdapat 2,87 kasus per 100.000 orang dalam setahun. Sementara pada orang yang memiliki kelebihan berat badan, terdapat 6,08 kasus per 100.000 orang setahun. Lebih besar dari itu, terdapat 13,4 kasus per 100.000 orang setahun pada orang yang mengalami obesitas.
Pengaruh obesitas terhadap ginjal sendiri masih belum jelas. Bisa jadi hormon yang tak seimbang bisa mengganggu fungsi ginjal. Penyakit juga bisa disebabkan beberapa kebiasaan tak sehat seperti diet tak sehat, kebiasaan merokok, atau gaya hidup pasif.



Sumber:  http://www.merdeka.com/sehat/remaja-gemuk-rentan-kena-penyakit-ginjal.html. Diakses tanggal 31 Oktober 2012 pukul 19.26 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar