Powered By Blogger

Merokok dalam mobil tingkatkan polusi udara

Bahkan ketika kaca mobil dibuka, polusi udara meningkat ketika pengemudi atau lainnya merokok dalam mobil, ungkap penelitian.
Ilmuwan di Inggris mengukur konsentrasi partikel polusi pada mobil yang dikemudikan 17 orang, 14 di antaranya adalah perokok. Untuk mengukur tingkat polusi, peneliti meletakkan monitor elektronik di tempat duduk belakang.
Hasilnya, peneliti menemukan bahwa terdapat partikel polusi sebanyak 85 mcg/cu (mikrogram per kubik). Angka ini tergolong tinggi jika dibandingkan dengan estimasi milik WHO sebesar 25 mcg/cu.
Angka tersebut tetap tinggi meski pengemudi membuka kaca jendela untuk mengeluarkan asap atau abu rokok.

Pada masa sibuk, partikel polusi bahkan meningkat hingga 385 mcg/cu. Padahal pada pengemudi yang tidak merokok, angka partikel polusi hanya mencapai 7,4 mcg/cu.
Partikel kecil penyebab polusi ini diketahui sangat berbahaya karena bisa masuk dan menyumbat jantung, serta menyebabkan iritasi.
"Anak-anak yang terkena partikel ini dalam mobil bisa mengalami masalah kesehatan," jelas peneliti Sean Semple dari Scottish Centre for Indoor Air di University of Aberdeen.
"Saat ini suah banyak negara yang melarang pengemudi merokok dalam mobil. hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai data pendukung untuk mencegah paparan asap rokok atau polusi terhadap orang lain, terutama anak-anak di dalam mobil," tambahnya, seperti dilansir oleh NY Daily News (16/10).
Apakah Anda salah satu orang yang suka merokok dalam mobil? Penelitian di atas mungkin bisa membuat Anda mempertimbangkan kembali kebiasaan tersebut.


Smber:  http://www.merdeka.com/sehat/merokok-dalam-mobil-tingkatkan-polusi-udara.html. Diakses tanggal 1 november 2012 pukul 07.09 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar