Powered By Blogger

Penderita obesitas akan gemuk selamanya?

Salah satu hal yang menjengkelkan dari perubahan berat badan adalah kembalinya lemak dalam tubuh meski sudah melakukan diet terbaik. Peneliti lantas menemukan tampaknya obesitas seolah mematikan berat badan normal penderitanya menjadi bentuk tubuh yang permanen.
Seperti yang dilansir dari Daily Mail, peneliti tepatnya menggunakan tikus laboratorium sebagai percobaan. Mereka membuktikan semakin lama binatang kelebihan berat badan, kondisi mereka akan selamanya seperti itu. Sehingga mendapatkan tubuh ideal dan mempertahankannya seolah tidak mungkin terjadi.

"Percobaan kami menunjukkan bahwa obesitas menjadi gangguan utama memiliki berat badan ideal. Jadi lebih baik anak diajari untuk mencegah daripada merasakan dampaknya seumur hidup," tutur kepala penulis penelitian Dr Malcolm Low dari University of Michigan.
Penemuan ini kemudian memunculkan pertanyaan seberapa banyak batasan kalori yang sebaiknya dikonsumsi dan olahraga apa yang harus dilakukan demi menurunkan berat badan.
"Intinya, jika obesitas dibiarkan, tubuh akan menganggap bahwa berat badan normal seseorang itu adalah ketika dia gemuk," lanjut Dr Low.
Penelitian tersebut merupakan kolaborasi antara para ahli dari University of Michigan dan Argentina-based National Council of Science and Technology. Hasilnya pun telah dilaporkan dalam Journal of Clinical Investigation.
Obesitas memang menjadi kasus yang selalu diperhatikan para ahli. Pasalnya kondisi ini memicu berbagai macam penyakit mematikan, seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan penyakit



Sumber:  http://www.merdeka.com/sehat/penderita-obesitas-akan-gemuk-selamanya.html. Diakses tanggal 31 Oktober 2012 pukul 19.41 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar